Halaman

Rabu, 28 September 2011

Mumi Tengu atau Setan terbang dari Jepang

Mumi Tengu atau dikenal sebagai setan terbang dari Jepang, konon awalnya dimiliki oleh Nambu Nobuyori yaitu pemimpin sebuah Klan Nambu yang memerintah Hachinohe di pertengahan abad ke 18. Dan sekarang Mumi Tengu tersimpan di Museum Hachinohe di Aomori, Jepang Utara.
  
 
Adapun ciri-ciri mumi ini memiliki kepala manusia, namun memiliki kaki dan sayap berbulu seperti burung. Setan terbang yang telah menjadi mumi ini sebelum sampai ke Museum Hachinohe di Aomori dulunya pernah diwariskan ke beberapa anggota keluarga Samurai yang pernah memerintah Jepang pada jamannya.
 
Arti dari kata Tengu adalah Anjing Langit. Dan kisah dari Tengu ini menurut buku Nihon Shoki, catatan kuno yang dianggap paling pertama menyebut Tengu, yang ditulis pada tahun 720 Masehi, menyebutkan bahwa pada abad itu sebuah meteor melintasi langit Jepang dan meteor tersebut oleh seorang rahib Budha disebut sebagai Anjing Langit.

Konon Tengu memiliki dua bentuk, yaitu yang pertama disebut Karasu Tengu dengan ciri-ciri memiliki kepala dan paruh seperti burung dan yang kedua adalah Konoha Tengu atau Yamabushi Tengu yang mempunyai bentuk seperti manusia namun memiliki sayap dan hidung yang panjang. 
 
Menurut beberapa kalangan percaya bahwa mumi itu adalah sebuah karya seni buatan manusia bukan mumi sebenarnya. Tetapi hingga kini masih belum ada keterangan atau informasi lebih lanjut mengenai mumi tersebut.


 (wikipedia, pinktentacle.com)
:sumber

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar